Home / Rilis Lainnya / Kisah Lakshmi Mittal Sang Raja Baja

Kisah Lakshmi Mittal Sang Raja Baja

Apakah Anda tahu perusahaan baja terbesar di dunia saat ini? Pemiliknya, konon adalah salah satu orang terkaya di dunia. Beberapa kali, ia masuk lima besar orang terkaya dengan nilai miliaran dolar AS. Orang itu adalah Lakshmi Mittal, atau juga dikenal sebagai Lakshmi Niwas Mittal. Pria asli India namun kini menetap di London Inggris bahkan telah mendapat predikat sebagai orang terkaya di daratan Inggris. Sebuah simbol kesuksesan dalam bisnis Lakshmi direkam melalui cerita ketika membeli rumah yang paling mahal dalam sejarah, Kensington Mansion, yakni senilai US $ 128.000.000. Dia juga menikahi putrinya, Vanisha, dengan pesta pernikahan paling mewah di abad ke-20 mengatakan bahwa untuk pesta, ia menghabiskan US $ 50 juta lebih.

Nilai kekayaan Lakshmi sangat mempesona. Tapi, pada kenyataannya, itu semua keluar dari dekade perjuangan keras. Karena, pertama, ia lahir di Sadulpur, Churu, bagian dari Rajasthan India, adalah sangat miskin. Sebagai seorang anak, ia dan keluarganya tinggal di sebuah rumah yang dihuni oleh 20 orang. Mereka hanya tidur di lantai, yang kadang-kadang beraspal dengan rotan. Untuk memasak, mereka menyalakan api di atas tumpukan batu bata di belakang rumah yang dibangun oleh kakeknya.

Beruntung, ia dan keluarganya tidak ingin menderita selamanya. Mereka bertekad untuk bisa mengubah nasibnya. Oleh karena itu, ia kemudian bergabung dengan ayahnya dan keluarganya pindah ke Calcutta, India. Ada – ayahnya – Mohan, mendapat kesempatan untuk mengubah nasib setelah bermitra dengan salah satu rekan membuat upaya di bidang baja. Dan, di sini, ternyata awal Lakshmi terkait dengan bisnis yang kini membesarkan namanya.

Dia kemudian memiliki kesempatan untuk menyelesaikan Sarjana pendidikan tingkat Commerce di St. Xavier, Kalkuta. Di sini, kemudian Lakshmi berupaya membuktikan bahwa pendidikan bukan hanya teori. Ia kemudian terlibat lebih jauh dengan bisnis keluarga dalam bisnis baja. Dengan pengetahuan yang luas dan interaksi, ia juga mencoba untuk mengembangkan bisnis keluarga tidak hanya di India, tetapi untuk mencapai wilayah internasional.

 

Pada tahun 1976, Lakshmi kemudian mencoba membeli sebuah perusahaan yang hampir bangkrut di Indonesia. Dari sini, tangan dingin dapat membuat bisnis ini terus tumbuh. Sayangnya, pada tahun 1994, saat bisnis keluarga itu semakin menanjak, perbedaan, membuat usaha itu pecah. Lakshmi kemudian memilih jalan membesarkan usahanya sendiri, tanpa melibatkan keluarga. Ia kemudian dibantu oleh istrinya, Usha.

Terbukti, larinya lebih kencang. Dia berhasil mengembangkan Mittal Steel hingga mencapai belasan negara dan empat benua. Ia juga menemukan sejumlah inovasi yang membuat pengembangan usaha pabrik baja ke yang terbesar di dunia dengan jutaan ton produksi. Oleh karena itu, tak heran jika ia kemudian dianugerahi berbagai predikat dari berbagai lembaga dan media di dunia. Fortune Magazine Eropa, ia diberi gelar Pengusaha Eropa of the Year 2004. Selain itu, ia juga dijuluki Willy Korf Baja Vision Award 1998 oleh Logam Pasar Amerika dan Dunia Steel Dynamics PaineWeber untuk dedikasinya dalam industri baja.

Ketika ditanya kunci sukses, Lakhsmi hanya mengatakan bahwa itu semua adalah hasil dari kerja keras. “Banyak orang bekerja keras. Oleh karena itu, jika Anda ingin sukses kita harus bekerja lebih keras dan mendedikasikan diri untuk tujuan yang ingin kita capai,” kata Lakshmi.

Dengan kekayaan itu, Lakshmi tidak lupa pada waktu kesulitan. Oleh karena itu, meskipun tinggal di Inggris, dia tidak lupa negara. Salah satu bentuk perhatian adalah untuk mengembangkan olahragawan di India untuk unggul internasional. Dia membuat Trust Mittal Champions dan dana hibah dari US $ 9 juta untuk mendukung sejumlah atlet India akan dicapai dan nama bangsa. Selain itu, ia juga mengembangkan kepedulian terhadap negara-negara terbelakang, seperti Kazahkstan dan Afrika Selatan, dengan investasi di sana.

loading...

Tentang support

support

Baca Juga

Menginap Di Hard Rock Hotel Bali

Hard Rock Hotel Bali (Google Map) adalah Hard Rock Hotel pertama yang didirikan di Asia, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *