Home / Rilis Politik / Simulasi Pilkada Gembira Di Taman Kota Jakarta

Simulasi Pilkada Gembira Di Taman Kota Jakarta

Pemilihan 2017 tinggal selangkah lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang turut melaksanakan pemilihan terus bekerja menyukseskan perhelatan serentak tersebut. Salah satunya KPU Kota Jakarta Pusat, yang turut melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada tanggal 15 Februari 217 yang akan datang.

Sabtu pagi (28/1), KPU Kota Jakarta Pusat menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Mereka membangun TPS dan kelengkapan yang sesungguhnya di Taman Kota yang menjadi pusat aktifitas masyarakat untuk berolahraga dan bersantai ria, yaitu di Taman Suropati Jakarta Pusat.

Ketua KPU Kota Jakarta Pusat Arif Bawono mengungkapkan keinginannya pilkada serentak 2017 nantinya menjadi pilkada gembira yang disambut antusias tinggi oleh semua masyarakat. Untuk itu, simulasi yang dilaksanakan di tengah-tengah lokasi aktifitas masyarakat ini diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat dan turut memahami proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

“Kita bersama belajar dan praktekkan tata cara pemungutan suara di TPS yang sesungguhnya, sehingga pada saatnya nanti pada tanggal 15 Februari 2017 tidak ada permasalahan yang muncul. Kita pahami bersama simulasi ini, apabila ada persoalan, kita akan berikan solusi yang sesuai aturan perundangannya,” tutur Arif saat membuka kegiatan simulasi tersebut.

Simulasi tersebut dilakukan oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sesungguhnya dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, untuk mempertegas pemilihan 2017 ini milik seluruh masyarakat Indonesia, tambah Arif.

Arif juga meminta seluruh komponen penyelenggara pemilihan di TPS harus menjaga kekompakan dan soliditas. Kekompakan itu dilakukan sejak TPS dibuka, hingga selesai penghitungan dan rekapitulasi, sehingga semua pekerjaan tidak dilimpahkan pada Ketua KPPS saja, tetapi merupakan tanggungjawab bersama seluruh petugas KPPPS.

Senada dengan Arif, Plt.Gubernur DKI Jakarta Sumarsono yang turut hadir bersama Walikota Jakarta Pusat berharap pilkada gembira ini bisa berjalan aman dan lancar. Sumarsono yang tinggal tidak jauh dari lokasi simulasi tersebut juga memainkan peran sebagai masyarakat pemilih, sehingga turut mensimulasikan langsung tata cara pemungutan suara.

“Semua masyarakat harus gembira, apalagi lokasi simulasi ini di tengah taman kota yang sering menjadi lokasi olahraga dan bermain musik biola. Semoga hal tersebut dapat mengiringi simulasi ini untuk menambah kegembiraan kita semua,” ujar Sumarsono di lokasi simulasi.

(Arf/red. FOTO KPU/Arf/Humas)

loading...

Tentang Komisi Pemilihan Umum

Komisi Pemilihan Umum
Komisi Pemilihan Umum (disingkat KPU) adalah lembaga negara yang menyelenggarakan pemilihan umum di Indonesia.

Baca Juga

KPU Mendorong Tingkatkan Kompetensi Aparatnya

Untuk meningkatkan standar kompetensi dan meningkatkan taraf keilmuan pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kepala Biro Sumber Daya Manusia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *